Kamis, 29 September 2011

Peran Isteri Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah

1. Memberikan Sambutan yang menyenangkan pada suami
Dengan sambutan yang menyenangkan, rasa letih dan penat yang dirasakan sang suami karena kerja seharian akan lenyap. Sambutan itu diantaranya dengan :
a) Menampakan wajah yang cerah
b) Menceritakan berita yang menyenangkan
c) Menyambut kedatangan suami dengan ungkapan kerinduan
d) Mempersiapkan hidangan makanan

2. Memperindah dan memperlembut suara
Hiasi alunan suara dengan kelembutan nada dan irama tatkala berbincang dengan suami. sebaliknya janganlah memberikannya pada laki-laki lain agar tidak menjadi pembangkit fitnah dan nafsu.

3. Berhias
Islam menganjurkan wanita untuk berdandan bahkan memuji pelakunya apabila diniatkan untuk kebahagiaan hidup rumah tangganya. Dandanan yang memikat dan wangi yang semerbak dari seorang isteri akan membangkitkan rasa bahagia bagi suami.

4. Melayani kebutuhan biologis suami (jima')
Hak suami yang ada pada isteri diantaranya mendapatkan pemenuhan biologis, apabila isteri diajak untuk itu, pemenuhan seorang isteri atas ajakan suaminya dapat menciptakan kebahagiaan bagi suaminya.

5. Rela menerima kondisi apa adanya
Untuk melestarikan kebahagiaan rumah tangga, islam memberikan tuntunan agar seorang istri rela menerima apa adanya sehingga kehidupan yang susah dan sepit pun akan terasa lapang.

6. Menjaga kesetiaan
Kesetiaan merupakan salah satu bukti pengakuan atas ketulusan hati, perangai ini memiliki dampak positif bagi kebahagiaan hidup rumah tangga.

7. Meredam kemarahan suami
Apabila ada kemarahan suami yang diakibatkan kesalahan isteri maka cepatlah minta maaf, dan apabila ada kemarahan disebabkan kesalahan sendiri maka hendaknya istri bersabar dan menahan diri dari perkataan yang tidak-tidak.

8. Menjaga kehormatan suami saat kepergiannya
Seorang isteri berkewajiban menjaga kehormatan suami dan rumah tangga pada saat suami tidak ada di rumah, seperti menjaga rahasia-rahasianya,menjaga anak-anaknya,menjaga hartanya, menjaga harga diri dan kehormatannya serta menjaga hubungan baik dengan sanak kerabat dan family.

9. Memuliakan keluarga suami dan tamunya
Memuliakan keluarga suami merupakan perbuatan yang mulia. Isteri seharusnya menganggap keluarga suami sebagai keluarganya juga.

10. Bersabar
Bersabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan fitnah, baik yang menimpa dirinya ataupun menimpa suaminya. 

11. Menata Rumah dengan rapi
Rumah ibarat istana, sedang isteri adalah ratunya. Islam menganjurkan kepada para isteri untuk menata dan mengatur rumahnya sebagai layaknya seorang ratu mengatur istananya. Karena hal itu akan dipertanyakan di hadapan Allah SWT.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2073003-peran-isteri-dalam-mewujudkan-keluarga/#ixzz1ZJmtoVpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini