Jumat, 23 September 2011

Kebebasan Berekspresi (di) Internet

Disukai atau tidak kalo bicara tentang internet, mungkin sudah hal yang biasa saja. Tidak ada lagi yang istimewa karna jaringan tanpa batas ini seolah-olah sudah menjadi bagian dalam hidup kita. baik dari kalangan orang tua, remaja bahkan sampai anak kecil sekalipun dalam kegiatan sehari-harinya sudah sering berinteraksi dengan internet. Namun biar hal ini merupakan hal biasa, tapi wajib kita renung ulang kembali dengan dampak baliknya kepada diri kita sendiri. banyak hal yanh harus kita pahami sebelumnya.

Banyak sih dari kita berinternet hanya sebagai media hiburan saja, seperti yang sering kita lihat di warnet-warnet atau tempat-tempat online lainnya, kebanyakan isinya hanya orang orang yang mencari hiburan semata seperti main game, chating, lihat video dll. mmm... coba saja kalo yang berinternet itu mereka gunakan untuk menggali ilmu pengetahuan, pasti mantap dech... sedikit banyaknya ya walau tidak untuk dampak yang besar sekurang kurang nya kita bertambah ilmu pengetahuan juga.

Saat ini siapa saja bebas dalam melakukan berbagai macam hal selagi hal itu tidak melanggar norma-norma yang belaku, ya .. termasuk berinternet, dalam dunia internet setiap orang bebas mengekspresikan dirinya masing masing. Kalo diperhatikan dari sudut padang mana saja, internet sudah merambah kemana mana, ibarat virus yang telah merasuki setiap jiwa insani, boleh dikatakan "Kalo Ngga Ngenet = Gaptek". Benar benar hebat. jadi sampai saat ini belum ada saya dengar larangan menggukan internetr, jadi masih dikataka bebas bebas saja. tapiiiiii..... Sekarang timbul pertanyaan bagi kita " Bagaimana sih kondisi kebebasan dalam berinteraksi ( Via Internet ) di negara kita ? "

Suatu buku menyatakan bahwa berinteraksi merupakan bagain intergral dari kerangka hak hasasi manusia, hal ini terlihat jelas dalam konsitusi Indonesia yakni dalam pasal 28 dan 28E ayat (3) kebebasan berekspresi dan pasal 28F. namun hal ini berbeda dengan beberapa negara tertentu seperti china, burma dan negara otoriter lainnya yang mengatur internet secara keras bahakan mengalami sensor yang luar biasa dari pemerintahnya. mmm... kita sebagai negara yang masih deman demokrasi terpasa hanya melihat kesuksesan negara negara tersebut Bagi teman teman yang pingin baca lebih jelas nya silahkan baca disini (http://kalamkata.org/ebook/indonesian/ebook%20linimas(s)a.pdf)

Nah kalo sudah begini kita sebagai warganegara apa yang bisa kita perbuat untuk kemajuan bangsa kita, ya kususnya dengan fasilitas internet. kebanyakan dari kita hanya bisa berperan sebagai user saja dengan fasilitas yang ada, tidak kah terfikir oleh kita dengan adanya internet , kita seharusnya bertambah maju karna telah mudahnya untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan, tapi malah sebaliknya kita malah bertambah malas karna telah di permudahnya kebutuhan kita, hanya sedikit dari kita yang bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk perkembangan dan kemajuan bagi kita dan negara kita.

Saya juga seorang user dari internet, ketika saya pertama kali berinteraksi dengan internet, yang terfikir oleh saya hanyalah internet ini tak lebih hanya sehagai media hiburan saja, namun lama kelamaan saya baru sadar bahwa segala kebutuhan saya kok rasanya disediakan oleh internet, baik itu pembelajaran, pengetahuan hiburan dan lain sebagainya semua ada diinternet, dan sejak itu lah saya mengatakan bahwa internet itu merupakan gudang dari ilmu. Bagi saya internet teman terbaik saya, disana saya bisa mendapatkan apa yang saya mau, ketika saya lagi bosan saya bisa bermain game, ketika saya lagi butuh berita saya bisa membaca informasi berita, ketika PR saya lagi numpuk saya bisa cari jawabanya di internet, pokoknya apa saja dech.....

Nah bagi teman teman yang senang berinternet dan hanya sebagai media hiburan sekarang bergantilah, jadikan lah sebagai media ilmu pengetahuan, jadikan lah ia sebagai teman sejati anda yang setia memberi inspirasi disetiap langkah hidup mu, bukan kita ngga boleh untuk mencari hiburan itu sah sah saja, kitakan juga manusia yang butuh refreshing juga untuk ketenangan otak kita, tapi akan lebih baik jika kita mengatur waktu dengan disiplin.

Ini perlu diperhatikan juga sebagai user layanan internet harus memperhatikan banyak hal juga yang menyangkut kenyamanan umum, banyak mungkin dari orang tua kita sendiri yang cemaskan perkembang internet, karna internet diidentik oleh mereka sebagai media pencarian hal hal yang belum sepantasnya maaf kata menurut pengalaman saya sebagai seorang tenaga pengajar dibidang internet. Mereka yang menggali ilmu pengetahuan khususnya orang tua, merasa cemas akan anak anak nya bermain dengan internet akan melihat hal-hal film porno. nah ini dia yang menjadi permasalahan kita, ya ini mungkin karna kurangnya pengawasan dari berbagai pihak, sehinga terjadi suatu hambatan bagi kita untuk menerima perkembangan teknologi.
satulagi yang ngga kala pentingnya yaitu kita sebagai user juga harus memahami hal yang demikian, kita juga harus bisa menahan diri dan menjaga kenyamanan umum. jangan karna ulah kita, semua dampaknya menjadi buruk, kan yang rugi kita juga toh..??

Sebuah sumber buku mengatakan bahwa " ada berapa hal yang harus dipahami, yang pertama pengguna internet harus jujur dan adil dalam mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan mengelola dan menyampaikan informasi, kedua pengguna internet memperlakukan sumber informasi sebagai manusia yang mendapatkan penghormatan, dan yang ketiga pengguna internet harus dapat terbuka dan bertanggung jawab" selain itu aspek penting ini yang menjadi syarat wajib jika anda hendak bersiasat untuk melewati jejaringan hukum, yauitu anda juga wajib memperhatikan norma norma sosial yang berkembang di sekitar anda. selain memperhatikan hal hal tersebut sebaiknya anda juga memperhatikan kepentingan kelompok minoritas atau kelompok rentan dalam setiap tulisan anda. kelompok minoritas yang harus di perhatikan adalah anak - anak. perempuan kekerasan seksual, anak - anak dan perempuan kekerasan rumah tangga, masyarakat adat, kelompok difabel, dan buruh migran. (sumber : http://kalamkata.org/ebook/indonesian/ebook%20linimas(s)a.pdf )

Rata-rata mereka yang disebutkan diatasalah yang sering terkena dampak dari unggahan internet yang tidak memperhatikan norma - norma dan yang berlaku, tidak memperhatikan efek samping dari setiap apa yang mereka lakukan. Banyak contoh yang bisa kita ambil dari kejadian saat ini, contohkan saja pada jaringan sosial yang sangat berkembangn pesat saat ini, seperti facebook, twitter, plurk, dan lain sebagainya, jaringan ini siapa saja bisa menggunakannya, baik anak-anak, remaja sampai orang tua pun bisa menggunakan dan berteman disana. setiap apa saja yang mereka lakukan dan mereka update juga bisa dilihat oleh siapa saja, bila mereka tidak memperhatikan tentang apa yang mereka lakukan maka wajar saja bila saat ini banyak terjadi hal hal yang tidak di inginkan, apa lagi bagi anak-anak rasa ingin tau mereka sangat kuat, bila mereka melihat hal hal yang aneh dalam kehidupan mereka maka mereka juga akan mencobanya.

maka dari itu marilah kita semua untuk bisa mengontrol diri dalam penggunaan internet, cobalah letakkan sesuatu itu pada tempatnya, coba bayangkan bila hal itu terjadi pada keluarga kita, pada anak istri kita, mungkin rasa sakit dan perih yang sangat mendalam akan dirasakan dalam dada ini. ini semua karna siapa..??? jangan salahkan orang lain ..!!! tapi perhatikan saja diri kita sendiri, apakah kita sudah benar atau belum ? bila sudah merasa benar barulah kita memperhatikan yang lain, ya mungkin di mulai dari hal yang paling kecil dan yang paling dekat dulu, mungkin kita bisa mulai dengan mengajak keluarga, anak istri, tetangga, kawan dan seterusnya.

Semoga apa yang saya buat saat ini bisa menjadi suatu hal yang bisa di jadikan alasan untuk berfikir ulang dalam penggunaan internet dalam cara yang benar, sehinga tidak merugikan dari pihak manapun, cobalah mulai sast ini, jadika internet sebagai media penimba ilmu dan penambah wawasan, toh nanti manfaatnya untuk kita juga. ya ka..?? nah gimana ..?? apakan teman teman setuju..??? saya harap teman teman semua bisa mengerti dengan apa yang saya buat ini dan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.. ya seperti yang saya katakan sebelumnya tadi.. kita mulai dari kita pribadi.

Saya telah membaca sebuah buku yang benar benar bermanfaat, bila teman teman berminat silahakan klik disini : film dokumenter linimas(s)a , pedoman berekspresi online .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini