Kamis, 29 September 2011

Apa yang Membuat Sebuah Keluarga Sukses?

Artikel ini mengutip hasil penelitian Reuben Hill, profesor sosiologi di Universitas Minnesota, Amerika Serikat. Hill meneliti sekitar 300 keluarga, yang hasilnya bahwa bukan hanya keberuntungan yang memungkinkan beberapa keluarga bisa memiliki rumah tangga yang baik. Tetapi, ada cara-cara tertentu untuk mengelola waktu, bakat, dan uang mereka, untuk memperoleh hal-hal yang mereka inginkan. Hill berkeyakinan, keluarga-keluarga tersebut diorganisasi dengan cermat, dengan jalur komunikasi yang baik antara suami dan istri, antara orangtua dan anak-anak, dan efisien dalam mengelola sumber daya.

Penemuan penting Hill agar keluarga sukses:

1. Jangan tergesa-gesa kawin. Pria yang menikah di atas 25 tahun biasanya bisa memiliki rumah yang lebih baik dan pekerjaan yang lebih menarik. Ini biasa berkaitan dengan tinggat pendidikan yang memungkinkan mereka memperoleh pekerjaan yang baik dan gaji yang besar.

2. Jangan punya anak terlalu banyak. Dengan anak yang lebih sedikit, investasi bisa lebih banyak bagi setiap anak.


3. Bersiap-siaplah mengatasi keadaan yang tak terduga. Buat dan lakukan secara konsisten ”kebijaksanaan keluarga” seperti selalu membeli barang bermutu, membayar dengan tunai, hindari punya utang, membeli pakaian yang baik, dan lain-lain.


4. Bicarakan keputusan dengan bebas. Keluarga yang paling bahagia dengan keputusannya adalah mereka yang paling banyak membicarakannya.


5. Pilihlah pembuat keputusan dengan bijaksana. Dalam setiap keluarga yang sukses, ada satu orang yang punya penilaian yang lebih baik dan kesadaran keuangan yang lebih baik daripada yang lain. Orang yang mempunyai penilaian yang baik itulah yang memutuskan mengenai pengeluaran penting.


6. Bergantunglah pada kerabat Anda. Keluarga yang sukses sebagian besar bergantung pada kerabatnya untuk mendapatkan nasihat, bimbingan dan pertolongan lainnya, termasuk bantuan ekonomi, pengelolaan rumah tangga, perawatan anak, dan bantuan selama sakit.


 
Sumber: Mendidik Anak Volume I, Tim Mitra Utama, Jakarta, 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini